Review Macbook Pro 13 inch mid 2017 Indonesia

simpel, elegan, dan powerful

6.365
84%
Elegan dan Powerful

Laptop premium buatan Apple bermesin mumpuni

Bahasa desain yang elegan, mesin yang dioptimalkan dengan baik oleh Mac OS Sierra, serta layar yang memiliki kualitas terbaik di kelasnya. Namun sayangnya memiliki akses port yang terbatas.

  • Desain dan Build Quality
  • Keyboard, Speaker, dan Touchpad
  • Layar dan Display
  • Performa Mesin
  • Aksesibilitas

Cocok untuk pribadi yang mobile penyuka keringkasan dan mesin yang kuat tanpa membawa laptop yang berat. Harga yang mahal mungkin menjadi pertimbangan, namun kamu tak akan menyesal setelah memilikinya.

Beberapa waktu lalu saya membeli Macbook Pro 13 inch tanpa touchbar yang merupakan base model  yakni tanpa fitur touchbar  yang diagungkan oleh Apple sendiri. Sejak awal saya yakin akan kemampuan laptop premium ini, dengan harga yang tidak murah Macbook satu ini merupakan barang mewah bagi saya. Simak ulasan kami di bawah ini.

 

 

Desain dan Build Quality

Beberapa detik setelah menyentuh perangkat ini, saya langsung sadar bahwa Apple tak pernah main-main dalam membuat perangkat yang premium. Macbook ini terbuat dari bahan aluminium yang terasa mahal. Untuk ukurannya yang kompak, perangkat ini terasa solid dengan bobot sebesar 1,3 kilogram.

review Macbook Pro
Penampilan Macbook Pro dari luar

Berbeda dengan versi 2015, logo Apple di belakang layar tak lagi menyala, namun itu bukanlah masalah besar bagi saya. Warna space grey  pada bodi aluminium yang ditawarkan membuat laptop ini terasa modern, mewah, dan elegan dibandingkan kompetitornya, kami sangat mengapresiasi desain dari Macbook ini.

 

Keyboard, Speaker, dan Touchpad

Macbook Pro ini memiliki keyboard  dengan sistem butterfly switch  generasi kedua yang merupakan temuan dari Apple sendiri. Meskipun terdengar sangat clicky  dan mantap, banyak orang yang tak menyukai hal ini karena travel distance  alias jarak tempuh tombol yang pendek, namun saya sendiri tidak mempermasalahkannya karena saya cukup nyaman menggunakannya.

review macbook pro indonesia
Keyboard dan Touchpad Macbook Pro

 

Ditambah dengan backlight  yang ditanam di dalamnya dengan kecerahan yang dapat diatur membuat saya dapat mengetik tanpa kesalahan di ruangan yang gelap sekalipun.

review macbook pro indonesia
Backlight keyboard dalam kegelapan

 

Speaker  yang terdapat di sebelah kiri dan kanan keyboard  terdengar sangat mantap, dibandingkan dengan laptop Asus seharga 8 juta yang saya punya sebelumnya, kombinasi dua speaker  milik Macbook terdengar lebih superior. Detail suara yang tajam serta bass yang kuat dan jelas terasa sangat mantap saat digunakan untuk mendengar musik dengan keras.

review macbook pro indonesia
speaker kiri

 

Banyak orang yang berkata bahwa Macbook memiliki touchpad  terbaik di lautan laptop yang lain. Setelah mencobanya, saya sangat setuju. Touchpad  milik Macbook menggunakan teknologi force touch  yakni menggunakan mekanisme mesin getaran yang tertanam di dalamnya untuk menirukan tombol atau mekanisme klik konvensional yang terdapat pada laptop pada umumnya.

review macbook pro indonesia
touchpad yang memiliki banyak fungsi gesture

 

Saat kamu mematikan Macbook maka kamu tak akan bisa melakukan klik pada touchpadnya. Ketika mengoperasikan Macbook, saya merasa “tertipu” saat menekan touchpad  tersebut, sensasi yang dikeluarkan sangat terasa seperti klik biasa pada laptop yang lain. Kamu bisa menggunakan fitur gesture  di touchpad  pada Macbook untuk melakukan banyak hal seperti scroll  menggunakan dua jari, drag n drop  dengan tiga jari, zoom in  dan zoom out, melihat preview link browser dengan force touch, dan masih banyak lagi. Keakurasian sentuhan dan tingkat responsivitas yang dimiliki perangkat ini sangatlah baik.

 

Layar

Salah satu alasan kami untuk memiliki Macbook adalah kualitas layarnya. Banyak konten kreator dan desainer grafis merekomendasikan untuk menggunakan Macbook sebagai perangkat kerja. Warna dan kualitasnya merupakan alasan utama untuk memiliki perangkat ini.

review macbook pro indonesia
Layar dengan kerapatan piksel yang menawan

 

Layarnya memiliki dimensi 13,3 inch dengan resolusi 2560×1600 dengan kerapatan 227 piksel per inch yang membuatnya terlihat sangat tajam. Sejak dahulu, Macbook memiliki keakurasian warna yang tak perlu diragukan dengan kecerahan layar sampai 500 nits membuatnya sangat bisa diandalkan dalam keadaan apapun.

review macbook pro indonesia
Layar bisa sangat redup

Bahkan kecerahan paling minimalnya terasa sangat padam membuat mata kita sangat nyaman jika mengoperasikan laptop ini dalam ruangan gelap sekalipun, apalagi dengan adanya fitur night shift yang mengeleminasi warna biru pada layar kemudian membuat warna keseluruhan layar menjadi lebih “hangat” membuat mata kita lebih nyaman.

 

Performa Mesin

Macbook pro 13 inch yang kami miliki mempunyai spesifikasi yang mumpuni dengan prosesor Intel Core i5 Kaby Lake 2,3 Ghz dengan RAM sebesar 8GB dan SSD dengan kapasitas 256 GB. Dengan Mac OS Sierra. Singkatnya, laptop ini dapat berlari dengan kencang.

review macbook pro indonesia
editing video pada macbook

 

Saya pernah menggunakan Macbook ini untuk mengedit video dengan program Adobe Premier sambil browsing  di internet dan mendengarkan beberapa lagu sebagai penyemangat kerja. Laptop ini dapat menanggung beban kerja dengan baik meskipun jika digunakan cukup lama pasti akan terasa hangat, namun hal seperti itu cukup wajar di mata saya. Saya rasa ini berkat optimisasi dari Mac OS Sierra buatan Apple, bahkan dari keadaan mati ke hidup hanya membutuhkan waktu 3 detik dan kemudian langsung siap digunakan seperti biasa. OS milik Apple ini berjalan sangat lembut dan lancar di beberapa hari pemakaian saya.

review macbook pro indonesia
Konsumsi multimedia pada macbook

 

Macbook ini memerlukan waktu sebanyak 6 menit untuk melakukan rendering video berdurasi 3 menit, anda bisa menonton video yang kami cantumkan di halaman ini. Untuk ketahanan baterai Apple mengklaim bisa tahan sampai 10 jam untuk web browsing  dan menonton film, namun sesungguhnya hal tersebut sangat bervariasi tergantung pemakaian kita, untuk kerja berat seperti menggambar digital, edit video, photoshop dan semacamnya paling mentok bisa mencapai 4-6 jam, angka tersebut sangat cukup untuk sebuah laptop.

 

Aksesibilitas

Saya tidak habis pikir mengapa desainer Macbook hanya membuat 3 lubang di laptop ini. Dua port  USB C di sebelah kiri dan satu port headphone menghiasi macbook yang elegan ini. Oke, mungkin saja mereka mengagungkan kesederhanaan dan minimalitas dalam berdesain. Namun kata “pro” yang ada dalam perangkat ini sepertinya tak mencerminkan apa yang ada di jumlah port  nya.

review macbook pro indonesia
dua lubang USB C

 

Anda harus membeli adaptor port  terpisah jika ingin menancapkan kabel USB biasa, kartu memori, maupun kabel HDMI ke mesin ini. Tentu saja Apple menjual banyak adaptor dengan harga tinggi, namun anda bisa membeli dari produsen pihak ketiga dengan harga yang jauh lebih murah.

review macbook pro indonesia
satu audio jack di sebelah kanan

 

Kesimpulan

Secara keseluruhan, saya merasa sangat puas dengan perangkat ini. Desain yang simpel dan elegan serta bobot yang cukup ringan membuatnya sangat mudah dibawa untuk beraktivitas ke mananapun. Untuk aktivitas multimedia dan desain memang tidak perlu diragukan lagi dengan kerapatan piksel, kecerahan dan akurasi warna yang baik. Mesin yang kuat dan kencang dengan OS yang optimal membuat laptop ini minim lag  dan error.

Satu hal yang kami sayangkan adalah minimnya opsi port, karena hanya memiliki dua port USB C dan satu headphone jack. Harga yang mahal juga merupakan bahan pertimbangan. Namun jika kamu ingin memiliki laptop yang produktif, simpel, dan minimalis, namun powerful, maka Macbook Pro bisa dijadikan sebuah pilihan bijak.

84%
Elegan dan Powerful

Laptop premium buatan Apple bermesin mumpuni

Bahasa desain yang elegan, mesin yang dioptimalkan dengan baik oleh Mac OS Sierra, serta layar yang memiliki kualitas terbaik di kelasnya. Namun sayangnya memiliki akses port yang terbatas.

  • Desain dan Build Quality
  • Keyboard, Speaker, dan Touchpad
  • Layar dan Display
  • Performa Mesin
  • Aksesibilitas

Cocok untuk pribadi yang mobile penyuka keringkasan dan mesin yang kuat tanpa membawa laptop yang berat. Harga yang mahal mungkin menjadi pertimbangan, namun kamu tak akan menyesal setelah memilikinya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Comments

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More