7 Lagu IU yang Paling Bagus dan Enak didengar

41.412

IU merupakan cewek penyanyi K-Pop yang sangat populer. Gadis yang bernama asli Lee Ji Eun ini sangatlah menonjol di antara sekian banyaknya girl group  dan boy group  yang menjamur di Korea. Memiliki figur yang imut serta suara yang unik adalah salah satu kelebihan cewek yang lahir 24 tahun lalu ini, (kalau lewat hitungan korea maka umurnya adalah 25).

IU
Palette, album terbaru dari IU

 

Saya sendiri cukup menyukai beberapa lagu darinya karena sangat easy listening  dan memiliki beragam warna musik. Maka dari itu saya akan membuat daftar tentang beberapa lagu dari IU yang paling asik untuk didengar, daftar di bawah ini sangat subjektif dan jika kamu fans IU yang tidak setuju dengan artikel ini, atau ada usulan lain, jangan ragu untuk berkomentar ya!

 

1. Good Day

Merupakan lagu yang membuat namanya terukir di dunia Kpop di awal masa karirnya. Lagu ini berasal dari EP  yang dirilis pada tahun 2010 yang bertajuk Real. Salah satu ciri khas lagu ini adalah suara  wide range  bernada tinggi yang “diteriakkan” oleh IU selama 21 detik pada klimaks lagu ini. EP dari IU di tahun tersebut berhasil menempati posisi puncak di beberapa program musik terkenal Korea semacam  M! Countdown, Music Bank, dan Inkigayo.

 

 

2. Friday (feat. Jang Yi Jeong)

Berasal dari album  Modern Times   dan ditulis oleh IU sendiri. Lagu yang bernuansa akustik pop dengan melodi bertempo medium yang asik ini berceritakan tentang dua pasang kekasih yang sedang kasmaran. IU menggandeng rekan dari label musik yang sama yakni Jang Yi Jeong yang juga salah satu member dari  History. Yi Jeong juga muncul di video musik lagu ini sebagai pengagum IU yang cintanya bertepuk sebelah tangan.

Single yang dirilis pada tahun 2013 ini sukses memuncaki tangga lagu  Billboard Korea K-Pop Hot 100  selama dua minggu berturut-turut. Selain itu juga memenangi peringkat pertama di  SBS The music Trend, KBS  Music Bank, dan MBC  Show! Music Core.

 

3. The Red Shoes

Jujur, ini bukanlah favorit saya, namun sepertinya saya harus meletakkan lagu ini di dalam daftar. Lagu ini berasa sangat retro karena diiringi dengan instrumen-instrumen musik yang serasa seperti pertunjukan musikal  boardway. Video musiknya sendiri merupakan adaptasi dari film asal inggris di tahun 1948 dengan judul yang sama.

The red shoes  menempati peringkat 42 dalam kategori lagu yang paling banyak dibeli secara digital di Korea Selatan. Bahkan pada bulan Maret 2014 sudah terjual 1,2 juta kopi di negara gingseng tersebut.

 

 

4. The Shower

Lagu bernuansa sendu ini berasal dari  EP  bertajuk Chat-Shire  yang dirilis pada tahun 2015. Lagu ini cocok didengarkan saat kamu ingin rileks atau malah saat galau. Yang menarik dari lagu ini adalah harmonisasi dari tiga suara yang dinyayikan oleh IU sendiri yang membuat lagu ini sangat unik untuk disimak.

 

 

5.  Zezé

Zezé  adalah nama dari tokoh sebuah novel asal Brazil yang berjudul  My Sweet Orange Tree. Dalam bahasa brazilnya adalah  Meu Pé de Laranja Lima. Singkatnya, lagu ini adalah adaptasi dari sebuah novel asing.

Sempat ada kontroversi karena pihak penerbit buku untuk terbitan korea mengkritik tentang lirik dari isi lagu ini dan juga ilustrasi dari sampul album yang juga diprotes karena terasa “tidak sesuai”. Hal ini juga menimbulkan debat di kalangan komunitas musik. Namun pada akhirnya pihak penerbit meminta maaf karena dalam sebuah hasil karya seni interpretasi masing-masing orang tidaklah sama.

Jika mengesampingkan kontroversi tersebut sebenarnya lagu ini sangatlah fun, apalagi chorus  yang sangat mudah “nyantol” di kepala setiap orang yang mendengar lagu ini. Liriknya pun juga lucu karena di sini IU memposisikan dirinya sebagai sebuah pohon yang rindu akan kehadiran Zezé  untuk memanjat dan bermain-main dengannya. Namun jika kalian lihat komentar di Youtube maka ada beberapa orang yang menganggap liriknya terdengar sensual. Kalian sendiri ya yang bisa menilainya.

 

6. Twenty Three

Lagu satu ini bertema fun dan cute, sangat cocok dengan karakter IU sendiri. Jika kamu menonton MV nya kamu pastinya bisa senyum-senyum senditi. Twenty Three  bercerita tentang problematika dalam kehidupan IU sebagai seorang gadis yang beranjak dewasa saat dia berusia 23 tahun.

Lagi-lagi ada sedikit kontroversi dalam lagu ini. Ternyata ada sampel suara dari Britney Spears di dalam lagu ini. Meskipun IU bukanlah orang yang mengaransemen dan membuat lagu ini, ia dituntut untuk meminta maaf karena tidak mengecek dan meninjau ulang sumber-sumber sampel suara yang digunakan di dalam lagu ini saat proses produksi.

 

7. Palette

Lagu yang berjudul sama dengan nama album terbarunya. Album  Palette  sendiri dirilis bulan April 2017 yang lalu. Di dalam lagu ini IU berkolaborasi dengan member Big Bang  yakni G-Dragon yang mengisi bagian rap di tengah-tengah lagu.

Jika di lagu  Twenty Three  IU bercerita tentang kehidupannya di umur 23 tahun, maka di lagu ini ia menyampaikan keluh kesahnya tentang dirinya yang lebih dewasa, yakni di umurnya yang ke-25. Liriknya pun sangat personal, ia menceritakan tentang apa yang disukai dan dibenci, bahkan sampai membahas tentang haters  yang membenci sang penyanyi cantik ini.

 

 

8. Lagu IU Lain yang Enak didengar

selain lagu-lagu di atas daftar di bawah ini juga perlu untuk disimak

  • You and I
  • Through the Night
  • My Old Story
  • Peach
  • Leon

 

Nah, itu tadi adalah daftar tentang lagu-lagu dari IU yang asik untuk didengar, semoga kalian suka ya. Terima kasih telah menyimak artikel ini!.

 

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Comments

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More