Cerita Di Balik Logo Studio Film Terkenal Hollywood

499

Kita sering melihatnya di awal pemutaran saat melihat film di bioskop. Tapi pernahkah kamu bertanya-tanya tentang asal usul logo mereka? Kenapa Pixar memakai lampu meja sebagai logo? Siapa anak kecil yang memancing di logo Dreamworks? Berikut kami hadirkan beberapa cerita sejarah di balik logo studio film Hollywood

Columbia Pictures

Wanita yang memakai baju putih dan membawa obor yang menyala terang ini merepresentasikan Columbia, personifikasi dari Amerika Serikat. Iterasi pertama dari logo ini pertama kali terlihat pada 1924, memperlihatkan prajurit Roma perempuan. Pada tahun 1928 aktris bernama Evelyn Venable, yang mengisi suara Blue Fairy di Pinocchio, dipakai sebagai model.

Pada tahun 1936 Jane Chester Bartholomew dijadikan sebagai model untuk logo ini. Dulunya logo ini memakai selendang dengan motif bendera Amerika sebelum berganti dengan warna biru seperti sekarang.

logo studio film

Pada awal 90-an, pelukis Michael Deas melukis Jenny Joseph yang saat itu berumur 28 tahun sebagai basis untuk logo ini hingga sekarang. Deas butuh waktu sekitar 2 bulan untuk menyelesaikan logo ini dengan Joseph sebagai basis dan menggunakan program komputer untuk komposisi wajahnya.

Walaupun gambarnya sudah ditonton berjuta-juta pemirsa film di dunia, logo ini menjadi satu-satunya pekerjaan Joseph sebagai model, pekerjaan yang dia selesaikan saat istirahat makan siang disela pekerjaannya sebagai desainer grafis untuk koran The Times-Pacayune.

Pixar

Pixar logo

Lampu meja yang menjadi logo dari Pixar ini awalnya berasal dari salah satu animasi pendek di awal berdirinya Pixar berjudul Luxo Jr. Film pendek yang menjadi nominasi Academy Awards ini dapat dilihat di Pixar Short Collection, yang berisi beragam film pendek buatan pixar.

Luxo Jr di dalam logo tidak mempunyai kabel dan dianimasikan melompat dari sisi kanan video kemudian menginjak huruf “i”, seperti yang dia lakukan dengan bola di filmnya.

Metro-Goldwyn-Mayer

“Leo the Lion” pertama kali digunakan oleh Goldwyn Pictures pada 1917 dan kemudian diadaptasi sebagai logo dari MGM setelah mereka dibentuk pada 1924. MGM telah memakai 7 singa sebagai model, semuanya dipanggil sebagai “Leo the Lion”, walaupun kenyataannya hanya singa terakhir yang benar-benar bernama Leo.

Pada 1982 raungan dari Leo yang sering terdengar saat logo dipertontonkan sebenarnya diganti secara digital dengan suara singa. Pada 1995 raungan ini dibuat kembali menggunakan berbagai suara raungan termasuk suara dari tahun 1982. Suara remix inilah yang dipakai hingga hari ini.

Paramount Pictures

Logo ini telah ada selama lebih dari 100 tahun dan merupakan salah satu logo paling jadul di Hollywood yang masih bertahan. Ide untuk memakai pegunungan  sebagai pusat dari logo ini pertama kali  ditulis pada serbet oleh W.W. Hodkinson, presiden dari Paramount., pada saat rapat. Awalnya terdapat 24 bintang di sekeliling gunung, yang merepresentasikan 24 aktor yang dikontrak oleh studio pada saat itu. Sekarang jumlah bintang ini sudah dikurangi menjadi 22.

Walaupun pada awalnya desain gunung ini berasal dari pegunungan Ben Lomond, bentuk logo Paramount saat ini sudah berbeda dari awalnya. Beberapa orang berspekulasi bahwa pegunungan ini adalah Artesonraju di Peru, ada juga yang bilang pegunungan ini adalah Monviso, Italia atau Pfeifferhorn di Utah.

 

DreamWorks Animation

Dibentuk oleh Steven Spielberg, Jeffrey Katzenberg, dan David Geffen pada 1994, Logo dari DreamWorks dibuat pada 1995. Spielberg menginginkan sesuatu yang akan mengingatkan orang pada Masa Emas dari Hollywood, dan membuat gambar melalui program komputer berupa seorang bocah yang memancing dari bulan sabit. Akhirnya logo ini digambar oleh Robert Hunt, yang juga membuat versi alternatif dimana gambar bocahnya diganti dengan seorang anak yang dimodelkan berdasarkan anaknya, William.

Ilustrasi dari Hunt ini dijadikan animasi oleh tim dari  Industrial Light & Magic (ILM), dengan musik ditulis oleh komposer John Williams.

Via Moviepilot

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Comments

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More